Senin, 25 Juli 2011

Our Problem and World’s Problem

Gue nulis ini semata-mata cuma mau bagi info aja, ga bermaksud sok atau apa, tapi abis baca ini mungkin kita termasuk gue juga bisa sadar kalo masalah-masalah yang nongol di dalam kehidupan ga ada apa-apanya dibanding sederetan masalah besar di dunia ini:

-Kemiskinan

Menurut PBB, sekitar dua puluh lima ribu orang meninggal setiap hari karena kelaparan dan kebanyakan korban kelaparan itu anak kecil. Karena apa mereka kelaparan? Tentunya karena kemiskinan. Kemiskinan bisa memaksa seseorang untuk melanggar hukum, dan menyebabkan masalah kesehatan. Banyak kan orang miskin yang terserang penyakit-penyakit kemudian ga bisa disembuhkan karena ga punya uang buat berobat.



Pendidikan bisa membantu mereka keluar dari kelaparan dan kemiskinan global. Yep seperti yang gue tulis di postingan sebelumnya tentang anak jalanan: Edukasi & Motivasi.

- K-Kesehatan

WHO mencatat setiap tahun ada tiga juta orang meninggal karena TBC, belum lagi penyakit-penyakit lain kaya busung lapar yang menyerang rakyat miskin, HIV Aids dan penyakit pernafasan karena merokok. So guys, merokok itu ga keren sama sekali loh, kebanyakan merugikannya, risiko dari rokok ga cuma berlaku buat penggunanya (perokok aktif), risiko lebih besar justru lebih besar menimpa perokok pasif.

- R-Rasisme

Konflik akibat rasis bisa banyak memakan korban. Rasisme ngga hanya tentang ciri-ciri fisik tapi juga diskriminasi agama. Yah, padahal perbedaan itu indah.

- P-Perang

Sampe sekarangpun masih ada perang, ga cuma perang besar yang terjadi di tahun 1914 (PD I) dan 1939 (PD II), sekarang juga ada perang.. kan?. Dampak dari perang banyak banget, salah satunya adalah anak-anak korban perang jadi ga bisa sekolah dan kehilangan masa depan karena ga bisa hidup layak.


- P-Pemanasan Global

Dampak dari pemanasan global: Es di kutub mencair, air laut semakin naik, iklim menjadi kacau dan sebagainya. Gara-gara keegoisan manusia juga, tangan-tangan yang ga bertanggung jawab yang seenaknya menebang pepohonan, padahal pohon-pohon itu paru-paru dunia, terus penggunaan plastik dan bertambahnya polusi.

Kita bisa mencegah parahnya pemanasan global ini lewat hemat listrik dan mengurangi pemakaian kantong plastik.

Masalah-masalah di Indonesia ga kalah banyak, anak-anak putus sekolah sementara korupsi makin merajalela etc etc.

See? Masalah-masalah yang besar kan? Lebih besar mana sama masalah-masalah kita? kayanya masalah kita makin keliatan sepele ya.

Gue juga termasuk orang yang sering banget dibawa pikiran kalo punya masalah, kadang bikin gue ngerasa gampang down, tapi ya gue juga harus sadar, di luar sana malah banyak orang yang punya masalah yang lebih besar. Dunia aja punya masalah-masalah rumit yang disebutin tadi.

Jadiin aja masalah itu sebagai temen (Trouble is a Friend – Lenka), karena masalah juga loh kita bisa hidup. Tuhan menciptakan masalah itu udah satu paket sama jalan keluarnya. Ya kan?

Kalo lo pernah atau sering ngerasa hidup itu jahat sama lo, coba lo jalan keluar, di jalan-jalan raya, di jembatan penyeberangan, banyak anak-anak kecil yang seharusnya sekolah sibuk cari uang, ajak ngobrol mereka dan liat ke dalem mata mereka. Apa yang bakal lo liat? Lo bakal tau kalo mereka ga pengen seperti itu, mereka pengen hidup normal kaya anak-anak seusia mereka yang lain. jangan bilang kalo mereka miskin karena salah mereka sendiri, hey man.. mereka juga ga pengen hidup kaya gitu.

Masalah mereka justru lebih berat dari masalah kita. Kita ga perlu mikirin besok makan apa atau gimana caranya biar ga sakit supaya ga usah berobat (karena biaya berobat mahal). Masihkah kita bilang hidup dan takdirnya jahat sama kita? Masihkah kita ribut hanya karena ga bisa beli baju baru?

Gitu aja sih, ini juga buat pembelajaran gue biar ga gampang tertekan kalo punya banyak masalah. Saling ngingetin aja, sekalian menyindir orang yang suka bilang: “Mereka miskin karena salah mereka sendiri, mereka ga berusaha”. Ga tau kenapa, denger kalimat itu, gue yang ngerasa sakit hati meskipun itu bukan buat gue.

Jadi yah.. masih banyak masalah-masalah lain yang lebih berat di dunia, bahkan menimpa anak-anak kecil yang ga punya dosa. Intinya sih lebih banyak bersyukur aja, karena di setiap masalah juga pasti ada hikmahnya.

*ngingetin siri sendiri*

Oh ya, klik yang ini juga deh -> http://blueskyadmirer.tumblr.com/post/4863716352

Kita diingetin untuk bersyukur ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar