Senin, 25 Juli 2011

Jadi Anak Kost


Mau bagi pengalaman nih setelah menjadi anak kost selama setahun huehehe *sok banget, baru juga setaun*
“Anak kost? Gue harus jadi anak kost? Bisa gitu gueeeh?” Gitu yang ada di pikiran gue pas tau gue bakal jadi anak kost. Mau ga mau gue harus ngekost karena jarak dari rumah gue ke kampus ga bisa dibilang deket (malah dengan sadisnya temen kampus gue, abang Dhanu ama abang Didit sampe bilang: “Dari kampus ke rumah lo mah bisa-bisa nyampenya besok” -___- orang gila, jangan didengerin, rumah gue ga sepelosok itu)
Gue mulai ngekost itu bulan Agustus (pas puasa) bareng sama temen SMA gue, Rika dan Niken, gue menempati kamar ke-17 dari 17 kamar, iya gue dapet kamar terakhir, paling pojok, deket kebon belakang dan gue sendiriaaaaaannn -,-
Awal-awal ngekost ini bagi gue berasa berat bangeeeet, yang biasanya buka sama saur bareng keluarga di rumah lah ini buat buka harus beli dan sekalian sama buat saur juga (di kostan ini ga ada dapur umumnya jadi makan harus beli), pernah pas saur di hari kedua ngekost, lauk makanan yang gue beli ternyata basi, bisa bayangin betapa mirisnya gue waktu itu? T_T Gue langsung curhat sama kakak senior di kamar sebelah gue dan akhirnya gue ga saur.
Pas fase awal-awal ngekost ini juga gue baru ngerasain yang namanya homesick, gue sering nangis sendirian, abis sholat pasti nangis pengen pulang, kedengerannya lemah banget ya? Tapi coba alamin sendiri deh, lo bakal ngerasa kalo saat-saat di rumah lo itu ternyata berharga banget. Nyokap gue aja telepon tiap hari pas masa awal gue ngekost ini hehe.
Kalo udah mulai kena syndrom homesick ini biasanya gue mengalihkannya ke berbagai kegiatan, gue sering banget menghabiskan waktu di kampus dari pagi ampe sore biar waktu-waktu kesepian di kostnya cuma sebentar karena gue abisin di kampus, ngisi waktu dengan baca buku atau nulis terus sering banget gue maen ke kamarnya Rika ama Niken, sampe sekarang pas gue pindah kostan-pun ada barang gue masih ada yang tersimpan di kamar mereka (heh kalian, jaga baik-baik ya properti Dian Sastro! *kibas rambut*)
Ketika mulai semester 2 gue pindah kostan, jadi lebih deket sama kampus, Rika dan Nikenpun melepas kepindahan gue dengan uraian airmata *pret* tapi kita masih sering ketemu di kampus dan warung-warung jalan pemuda ^^
Guepun sekarang satu kostan ama temen sekelas gue di kostan yang catnya hijau *padahal gue udah bilang ama yang punya kostan, catnya biru aja u,u*. Gue juga udah deket banget ama anak-anak penghuninya, di kostan ini ada balkon yang jadi tempat favorit anak-anak penghuni kost buat ngumpul. Daerah sekitarnya kebanyakan kost-kostan, jadi warung-warung makan, warung pop ice dan warnet juga banyak. Ini postingan gue yang nyeritain tentang anak kost cat hijau-> (klik)
Yep, setelah agak lama, melalui proses yang lumayan berat, gue juga jadi terbiasa sama kehidupan sebagai anak kost, kehidupan yang mandiri. Jadi buat yang baru ngekost, emang sih awalnya kerasa berat tapi nikmatin aja, dibawa enjoy, lama-lama juga terbiasa kok.
Kalo kostan lagi sepi bisa maen ke kost-kostan temen biar ga kesepian ^^
Kerugian Ngekost:
1. -Peraturan ibu kost. Namanya juga tinggal bareng-bareng orang lain, pastinya lebih banyak peraturan dibanding rumah sendiri.
2. -Kalau pas lagi sakit. Hhhh derita banget nih buat anak kost kalo lagi sakit, biasanya ada nyokap yang nyiapin makanan dan obat, di kostan ga ada yang manjain kita dan menurut survey sih, biasanya anak kost yang lagi sakit pasti rata-rata jadi pengen pulang ke rumah.
3. -Ngekost identik sama kehidupan irit. Meskipun lo dikasih uang bulanan yang banyak dari ortu lo tetep aja deh lo pasti bakal kepikiran buat ngirit.
4. -Kalo lagi kangen-kangennya sama keluarga, rasanya sediiiih.
5. -Kalo lagi pengen kesunyian dan ketenangan itu agak susah, secara suasana kostan tuh rame mulu. Menjelang ujian atau banyak tugas biasanya lumayan hening.
6. -Supaya uang bulanan ga cepet abis, kadang harus rela makan seadanya, timbul deh masalah di pencernaan dan gizi.
Keuntungan Ngekost:
1. -Tinggal bersama dengan orang lain membuat keterampilan bersosialisasi makin terasah
2. -Belajar tanggung jawab dan mandiri. Beli makan atau masak, nyuci pakaian, ngejemur, nyetrika, nyapu, ngepel, itu rutinitas.
3. -Sering punya acara seru dengan penghuni kost yang lain buat mengurangi homesick dan bosan. Misalnya nih kalo di kostan gue, acaranya ngumpul di satu kamar, begadang, curhat-curhatan sambil ngemil, maen kartu, nonton film horror rame-rame dan webcaman.
4. -Kalo lagi ada masalah atau butuh bantuan, anak-anak kost yang lain pasti bakal bantu, biasanya sesama anak kost punya rasa solidaritas yang tinggi.
5. -Lagi pengen makan martabak atau delivery pizza, ajakin aja anak-anak yang lain buat patungan.
6. -Ngekost bikin kita bisa manage keuangan kita sendiri dan belajar untuk ga boros.
7. -Dengan hidup mandiri dan menjaga kepercayaan ortu, mereka akan menambah kepercayaan untuk hal yang lebih besar dengan catatan kita ga menyalahgunakan kepercayaannya.
8. -Ngekost ngajarin kita untuk berbagi, misalnya lo beli ayam bakar, dimakan di kostan, ga mungkin kan lo makan sendiri?
9. -Bikin acara jalan-jalan sama temen-temen dari kostan lain, ke tempat-tempat yang deket aja, lumayan buat ngisi hari libur biar ga bengong di kostan.
-Ini gue sama beberapa temen sekelas gue yang pada ngekost juga, hari itu kita bikin anak kost’s day out, khusus anak kostan hueheheheh

Sayangnya ada dua orang anak kost kelas gue yang ga ikut acara ini dan itu abang Imam ama bang Dhanu cuma ikutan doang, mereka bukan anak kost tapi mereka menyebut mereka sendiri sebagai gembala anak kost. (JADI? KITA KAMBINGNYA GITU?)

1. -Tempat kost bisa jadi basecamp buat temen-temen nongkrong, nungguin jam kuliah atau ngerjain tugas bareng atau.. foto-foto hueheheh, kaya gini nih:

2





Balkon kostan gue sering dipake anak-anak sekelas buat ngerjain tugas bareng, tidur sambil nunggu jam kuliah dan poto-poto pake properti kostan (sapu). Oh ya, di foto yang megang sapu itu rambut gue masih pendek, itu baru semester 1, awal masuk kuliah.. hehe

1. -Wisata kuliner bareng-bareng dan masak bareng-bareng. Kalo lagi ga masak, gue dan anak-anak kostan lainnya sering nyari makan di luar, biar ga bosen makan di tempat-tempat itu aja kita sering nyari tempat makan baru dan akhirnya jadi tau mana tempat-tempat makan yang enak, mana yang biasa-biasa aja. Masak bareng-bareng juga seru, kita bisa saling berbagi resep dan tips masak, terus pas makan bareng-bareng hasil masakan kita pasti ada kepuasan tersendiri apalagi makannya rame-rame.

Tips buat anak kost berdasarkan pengalaman pribadi:
1. -Buat yang muslim, jangan lupa bawa Al Quran di kostan, abis subuh dibaca, pasti adem deh, kalo mau ajakin juga anak-anak kost yang lain biar baca bareng-bareng ^^
1. -Selalu sedia obat penting. Kalo punya penyakit maag selalu sedia obat maagnya. Jangan sampe pas lagi kambuh kita harus ke apotek dulu atau minta tolong temen kita yang ke apotek, kan ga enak, ngerepotin.
1. -Jaga pola makan dan jangan keseringan makan mie instan. Gizi kita sebagai anak kost juga tetep harus tercukupi, kalo sakit kan repot. Banyak yang bilang anak kost akrab banget ama mie instan, iya sih tapi jangan keseringan juga, ga baik.
1. - Sedia stok cemilan dan minuman seduh, misalnya susu bubuk (kalo gue sukanya milo :9), teh, atau kopi. Kalo diluar lagi hujan deras kan enak tuh kita ga usah ke luar lagi, tinggal berdiam di kamar, selimutan sambil ngemil dan minum yang anget-anget terus baca buku atau nonton tv.
1.- Jaga kebersihan dan kerapian kamar. Jangan mentang-mentang kamar sendiri, ga ada yang ngawasin kita jadi seenaknya. Pagi-pagi sebelum ke kampus beres-beres dulu, taro barang yang udah dipake ke tempat semula, alat-alat makan kalo udah dipake langsung dicuci biar ga bertumpuk. Kamar yang bersih dan rapi bikin kita yang lagi cape pas pulang kuliah juga ngerasa nyaman. Ga cuma kamar, kalo ada jadwal piket kostan juga jangan lupa dikerjain.
1. - Cuci baju sendiri. Pasti di sekitar kostan banyak jasa laundry kiloan yang harganya terjangkau tapi kalo menurut gue siiiihh… kalo bisa dan emang sempet, mending nyuci baju sendiri aja. Seminggu dua kali nyucinya biar cucian ga numpuk dan bikin stress, nyucinya sambil dengerin musik deh, biar ga kerasa tau-tau udah selesai.
- Multitasking. Misalnya sambil nunggu rendaman baju, kamu isi waktu dengan menyetrika atau ngerjain tugas-tugas.

1. - Kebutuhan bulanan kaya kosmetik (buat para cewek), detergen, pewangi, dan peralatan mandi sebaiknya langsung dibeli begitu dapet uang bulanan, kalo ditunda-tunda yang ada malah uang anggarannya kepake.
1. - Bikin papan tanda yang ditaro di pintu kamar, misalnya tulisannya gini: “Lagi sibuk, jangan diganggu dulu yaaa :)” atau “Me Time” atau “Sorry, I’m busy right now”. Pasang tanda itu ketika kamu lagi pengen sendiri atau lagi sibuk ngerjain sesuatu dan ga bisa diganggu. Temen kost kamu yang biasanya nyelonong masuk kamar pasti ngerti sendiri dan ga ganggu kamu, setiap orang kan pasti punya saat-saat pengen sendirian, kamu juga ga perlu jadi ga enak hati karena harus ngusir dia.

Yak, itulah sebagian pengalaman yang bisa gue bagi dan tipsnya juga. Selamat menjadi anak kost! ^^


-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar