Jumat, 19 Agustus 2011

Kisah Meja Belajar


Meja belajar ini udah gue pake dari jaman batu atau dari jaman Ki Benen main tanjidor. Eh? Tua amat gue. Maksudnya udah dari dulu gitu. Dari sejak gue kelas 5 SD di SDN Cingcin 1 Kab. Bandung, meja belajar ini udah jadi teman setia gue, tempat gue belajar, nulis atau membaca buku (Yaiyalah masa iya meja belajar dipake dansa?)

Gue sayang banget sama ni meja belajar meski sekarang udah ga sebagus dulu, udah ada beberapa bagian yang terkelupas tapi gue tetep ga bisa pisah sama ni meja.

Dekorasi meja belajar inipun berubah atau bertransformasi dari waktu ke waktu. Waktu gue di Bandung meja belajar ini posisinya di samping jendela kamar gue. Di langit-langit mejanya dipasangin lampu sama bokap gue biar lebih terang pas gue baca buku malem-malem, waktu gue SD, bagian rak di atas mejanya itu belom diisi buku-buku, masih kosong karena buku pelajaran gue masukin ke lemari sampingnya sementara buku-buku gue pas SD yang rata-rata adalah buku cerita anak-anak dan komik Doraemon ditaro nyokap gue di kamar bokap nyokap gue.

Ketika SMP barulah meja belajar ini mengalami perubahan, gue mulai suka baca serial Lima Sekawan-nya Enid Blyton, buku-buku klasik terjemahan, teenlit dan komik Conan, koleksi gue lumayan banyak dan barulah bagian atas meja belajar itu dijadiin rak koleksi buku gue. Buku pelajaran tetep di lemari samping, ga diganggu gugat, apalagi buku matematika, beh gue kasih posisi nyaman, kasih bantal dan gue kipasin (LOH? -,-)

Gue mulai suka berkreasi aneh-aneh dan norak (maklum gan, anak SMP, abege labil labil gitchu dewh). Meja belajarnya gue tempel-tempelin stiker bergambar, label bertuliskan nama gue yang hurufnya digaya-gaya, dan sebagainya tapi ga sampe parah kok ga sampe gue cat warna-warni itu meja belajar hueheheh. Di bawah lemari sampingnya, ada space kosong buatgue naro majalah-majalah. Nah pas kelas 1 SMP gue juga inget, gue sama temen-temen deket rumah gue buka penyewaan buku kecil gitu, iya, pake buku-buku gue, niatnya maen-maen doang eh beneran suka ada anak kompleks yang nyewa haha.

Beranjak SMA, gue pindah ke Tangerang dan meja belajar ini tentu ga bakal gue tinggalin di Bandung. Bagaimana nasibnya jika ia kutinggalkan? Nanti dia bernyanyi sendu seperti Hachi, lebah yang sebatang kara :’(

Tarnsformasi meja belajar ini ketika gue duduk di bangku SMA ga banyak, paling gue hanya mencopot paksa beberapa stiker yang membuat gue bertanya: “Heran. Kenapa dulu gue kepikiran buat nempel-nempelin stiker model begini ya? Apa yang ada di pikiran gue waktu itu?”. Yah itu namanya proses perubahan menuju kedewasaan. Koleksi buku gue pas SMA bertambah ke genre sastra, novel-novel terus buku humor kaya bukunya Raditya Dika, dan buku-buku lain yang menyimpan pelajaran penting dan bermakana, misalnya buku terbitan Tempo, buku tentang kehidupan dan lain-lain tapi gue juga masih tetep suka sama komik Conan :3

Koleksi buku gue yang ditaro di bagian atas meja belajar itupun kian bertambah sampe akhirnya ada yang harus ditumpuk di atas. Tapi menurut gue ini belom seberapa, gue pengen banget punya ruang perpustakaan sendiri dengan banyak buku di dalamnya. Semoga aja keinginan gue itu tercapai di masa mendatang ya.

Kemudian gue mulai memajang berbagai foto narsis gue di meja belajar ehehehe.

Sekarang ketika gue kuliah, meja belajar ini tetep nangkring di kamar gue, masih tetap sebagai meja belajarnya Restu Annisa. Benda mati yang paling sering menyaksikan gue belajar.

Meja belajar ini kayanya udah jadi tempat khusus gue, tempat gue belajar, ngerjain PR, baca buku, nulis, ngelamun, ketiduran, atau nangis.

Sekarang di pintu lemari sampingnya udah tergantung medali kelulusan SMA gue, sekarang di mejanya udah ditaro notebook tempat gue ngerjain tugas kuliah atau online.

Sebelumnya gue ga pernah membayangkan, gue yang tadinya nulis-nulis pake pensil di atas meja ini kemudian sekarang mengetik di atas meja ini juga.

Rasanya waktu cepat sekali berlalu. Bukan hanya meja belajar ini yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu, gue yang menghabiskan banyak waktu bersama meja ini juga mengalami perubahan-perubahan itu.

Itulah siklus kehidupan, berjalan ke depan, berproses menjadi lebih dan lebih baik.

Gue mengalami banyak hal sampai ke pertengahan tahun ini. Gue belajar banyak tentang kehidupan dan menyadari berbagai hal juga.

Seperti meja belajar ini yang menemani gue selama 9 tahun menuju pencapaian mimpi, gue juga mungkin akan berubah terus menjadi lebih baik lagi (amiiin)

Entah, seperti apa Restu Annisa yang duduk di meja belajar ini beberapa tahun lagi. Gue harap adalah individu yang sedang berjalan kencang menuju perwujudan keping mimpinya yang sudah dekat.


:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar