Jumat, 05 Juli 2013

Bandung = I’m Home

Bulan Februari, sehari setelah ulang tahun gue yang ga usah diceritain lah seberapa mendungnya, gue dan temen-temen gue pergi ke Bandung. Cieeeee Nisa liburan ke Bandung. Hehe. Sebelumnya gue yang mencanangkan ide untuk liburan ke Bandung dan ke Bukit Bintang karena gue pengen tau, Bukit Bintang tuh kaya apa sih, selain itu Bandung memang selalu punya magnet buat gue. Temen-temen gue setuju, nah berikutnya gue juga yang ngusulin supaya pergi ke Bandungnya naik kereta api tututut aja. Kenapa naik kereta Nis? Kan bisa naik primajasa aja lebih cepet? Alasannya adalah karena terakhir kali gue naik kereta itu ketika gue berusia tiga tahun ke rumah sodara gue di Jogja. *sound effect: gubrak*. Makanya gue pengen merasakan kembali sensasi naik kereta api tututut, dengerin derak roda beradu sama rel, ngeliatin pemandangan di luar jendela kereta yang mengabur karena kecepatan. Gue bukannya modus pengen nongolin kepala sambil nangkep angin di pembatas antar gerbong kaya Junot – Pevita di film 5cm loh ya, lagian ga ngajak cowok juga kok. Murni karena gue pengen naik kereta setelah tujuh belas tahun ga pernah naik kereta lagi.


Singkat cerita, kami berenam (Gue, Fanni, Nunu, Irma, Septi dan satu temennya Fanni namanya Dewi) janjian di Stasiun Gambir jam sembilanan *cielaah janjian di stasiun, kok kedengerannya romantis-romantis lawas gitu ya :3* Rencananya kita nyampe Bandung langsung ke UPI karena mau nginep di tempatnya Nandar, temen Irma yang kuliah di UPI. Eits, tenang Nandar hanya menyewakan kamar dan menjadi tourguide aja, bukan ikut nginep -..-.
Karena kondisi mental gue yang rada-rada rusak gara-gara tanggal 3 Februari jam 16.04 dapet sms dari seseorang yang bikin banjir di mata, gue nyampe stasiun jam 7, kecepetan 2 jam -,-. Selagi nunggu para makhluk-makhluk itu nongol, 1 jam gue pake buat merhatiin orang-orang lalu lalang di lobby stasiun sambil nebak-nebak mau kemana mereka, apa profesinya, berapa kali mereka patah hati dan sebagainya *iye gue tau, kegiatan gue itu bener-bener apa banget*, 1 jam lagi gue pake buat nulis puisi. Jangan ngeledek kalo gue orang dari masa lalu yang nulis puisi di stasiun pada secarik kertas ya, emang beneran gue nulis puisi.

Duduk di kursi di tengah-tengah lobby stasiun, nulis puisi dengan mata bengkak gara-gara nguras air laut semaleman (baca: mewek semaleman), orang-orang yang ngeliat gue mungkin bakal mengambil kesimpulan kalo gue adalah remaja depresi yang kabur dari rumah.
Puisi gue ga selesai karena mereka kemudian datang satu persatu. Dimulai dari Septi, kemudian Fanni dan Dewi, kemudian Irma dan terakhir Nunu. Kitapun cuss, beli tiket terus nunggu bentar dan naik kereta Argo Parahyangan. Ok, Nisa jangan sedih lagi. KE BANDUNG LOH INI!!!



Selama perjalanan gue ga mau diem, poto-poto, loncat-loncat di kursi, buka-bukain jajanan dan ngobrol ampe tenggorokan berasa kering (?)








Sesampainya di Bandung hujan rintik-rintik menyambut. Tadinya begitu menjejakkan kaki di Stasiun Hall gue mau teriak-teriak: “BANDUUUUUNG!!!”, tapi takut disangka orang edan kabur dari RS Sumber Waras, terus takut diiket pake tambang dan mulut dilakban sama kawan-kawan, guepun terdiam tapi mata gue berbinar-binar karena gue ada di Bandung! ^^

Setelah solat zuhur di musola terdekat, kita lanjutin perjalanan naik angkot ke UPI. Duh ke kampus impian dari zaman SD :”””), di UPI kita makan dulu di kantinnya sambil plongo-plongo liatin mahasiswa sana, sama aja sih kaya di UNJ tapi cara ngomong mereka itu hihi, bikin gue rindu masa-masa gue berlogat Sunda kaya gitu. Ngga lama, Nandar yang dinanti-nanti dateng. Selama ini sering diceritain sih sama Mair soal Nandar, temen lamanya yang seorang mahasiswa jurusan Bahasa Inggris UPI, waktu itu juga pernah ketemu sama Nandar pas Nandar ke UNJ mau pinjem buku.
]
Penampakan Nandar di pinggir kolam

Secara nih ya kita cewek-cewek semua dan Nandar adalah satu-satunya cowok yang akan nemenin liburan kita di Bandung, otomatis awalnya kita jadi rada-rada awkward tapi kesono-sononya mah mulai awkward-awkward akrab hehe 


Kitapun langsung cuss ke kosannya Nandar yang jatohnya sih kaya rumah kontrakan, campuran isinya, ada cewek ada cowok. Nandar bilang selama kami para cewek-cewek kece pengganggu ketentramannya ini ada di Bandung, dia nginep di kosan temennya. Setelah itu kita istirahat, mandi dan solat. *kyaaa air Bandung dinginnya ngangenin! 

Abis magrib diajakin Nandar makan di cafe serabi di daerah sekitaran UPI *gue lupa namanya hehe*, hujan rintik-rintik masih mengguyur gitu dan beberapa pasang muda-mudi serta sekelompok orang kantoran duduk di cafe. Begitu rombongan gue yang terdiri dari delapan orang ditambah Nandar dan temennya Dewi dateng, cafe itu rasa-rasanya mulai rame-rame recet deh karena kita emang tanpa sadar berisik banget -,-

Gue mesen serabi coklat keju dan hot chocolate, aaaaa my favorite! Ditambah makannya di Bandung, tambah-tambah spesial :p. 



Pas lagi makanpun kita ngobrol terus, kebanyakan sih nanya-nanya Nandar, dia udah kaya selebritis yang jadi pusat perhatian. Kalo kata temen gue mah “Bagai mutiara dikeliling kerang” *sialan o_O*

Nah dari obrolan yang intinya tentang Nandar itulah tumbuh asal mula perebutan Nandar. Setelah ngobrol ngalor ngidul soal kuliah, soal serabi, soal wisata Bandung dan terakhir soal harga pete(?), Nandar ditanya tuh, apakah dia sudah memiliki tambatan hati? *ahelah Nis bahasa lo*. Nandar sih jawabnya belom, disitulah mulai temen-temen gue pada ribut. MAIR: “DISINI JUGA MASIH ADA YANG JOMBLO NIH DAR! SI NISA, SI NUNU!”
Kalo di komik-komik mungkin bakalan muncul titik air segede apa tau di kepala gue. Apa-apaan coba si Mair, eh tunggu, bukannya Mair juga jomblo ya? -____-

Nunu sih emang pada dasarnya artis FTV yang suka lebay, jadi dia mesem-mesem, gue pura-pura ga denger sementara Nandar salah tingkah ga jelas. Gue sih ga percaya Nandar belom punya pacar, orang dia ganteng, kalem, keren, ga macem-macem, dan IP-nya selalu bagus sampe PPLnya pun di SMAN 3 Bandung yang merupakan SMA favorit di Bandung, masa iyeee ga punya pacar?

Sekiplah, lebih baik kita poto-potoooo!!!!

Si Nunu suruh pasang tampang laper malah tampang alay ngupil -_-



Mair pusing

Keesokan harinya, sesuai rencana kita main-main dulu menjelajahi kampus UPI *gue dan Fanni yang dulunya sempet pengen masuk UPI, langsung membayangkan gimana kalo takdir dulu mengiyakan keinginan kami untuk masuk kampus ini*. Gue sengaja ga ngasih tau temen-temen gue yang kuliah di UPI kalo gue ada di kampus mereka. Sengaja, biar kalo ketemu ga sengaja jadi dramatis gitu :p


Ayoo anak UPI pasti tau ini dimanaa





Terus lanjut ke Cihampelas gue nyari-nyari gelang lucu, beli oleh-oleh dan nostalgia dikit, dulu gue sering terpukau gitu belanja di Cihampelas karena patung-patung besar di depan toko-tokonya yang emezing menurut gue waktu itu, maklum kan gue di Bandung pas masih kecil sampe ababil. Tapi sekarang Cihampelas telah berubah, patung-patung gede semacam Alladin, Jin Biru, Rambo, Spiderman, Superman udah ga tau kemana, padahal gue nyari-nyariin =(


Abis belanja-belanji kita ngeskrim di Ciwalk sambil rundingin abis ini mau kemana, gue kekeuh pengen ke Bukit Bintang tapi ternyata Nandar bilang dia ga tau jalannya kalo naik angkot, selama ini kalo di kesana itu pake motor. Modal nekat ala-ala backpacker, kita lanjutin perjalanan ke Dago berbekal nanya-nanya  sampe akhirnya nyampe ke Dago Atas terus ke Bukit Bintang yang terkenal itu, hawanya udah beda banget deh, dinginnya tuh dingin pegunungan. Sebenernya angkot yang nyampe ke Bukit Bintang tuh ga ada tapi berkat negosiasi menggunakan bahasa Sunda kita bisa dapet angkot yang mau nganterin kita sampe ke bukit.


Sayangnya nyampe sana, hujan. Aaaaah, I’m not an ‘Love Rain’ person. I told you. Orang-orang kan banyak tuh yang suka sama hujan, bau hujanlah atau apapun itu, tapi gue biasa aja.

Karena hujan rintik-rintik dan langit mendung gitu, bisa langsung diketahui kalo malemnya ga ada bintang. Hiks sedih. Hati gue rasanya hancur berkeping-keping dan terbang bersama angin bukit (???).
Karena itulah kita-kita akhirnya menamai Bukit Awan, karena yang ada disitu awan kelabu, bukan bintang. Setelah hujannya reda kita keluar dari tempat berteduh dan ke tepi bukit, biar liat pemandangan lebih jelas. Udaranya sejuk!

Cuaca mendung, Fanni ngelamun



Manusia langit mencoba menangkap awan kelabu
Ini cewek-cewek bertiga nakal yaaa *laporin cowoknya*


Setelah poto-poto dan merhatiin orang-orang pacaran bermobil  yang ada di belahan bukit bagian sana, tau-tau hujan turun lagi. Kita neduh lagi di saung terdekat sambil lagi-lagi ngobrol ga jelas diiringi rengekan Nunu yang kebelet. 


Setelah hujannya reda lagi kita nanya sama penduduk setempat dimana musola terdekat sementara si Nunu numpang pipis di rumah warga -____-

Ambil air wudhunya harus nimba dulu

Setelah solat kita balik ke bukit dan nunggu dijemput angkot yang tadi. Abis itu cuss makan malem di daerah Dipati Ukur, deket kampus Unpad (bukan Unpad yang di Nangor ya). Kita makan mie ramen ala Bandung yang namanya Mie Reman, hehe lucu ya. kedainya rame sama mahasiswa-mahasiswa Unpad, lucunya di kedai ini level ramennya tuh dinamain gini: “Dipelototin Preman” itu berarti level 1, nah kalo udah “Digebukin Preman” itu level 4 dan level terakhir itu berarti level ngalahin Preman yang udah pasti pedes banget. *Bener ga sih tuh? Gue lupa hehe*





Ramennya enak :9, Es teh jumbonya juga mantep. Recommended deh buat tempat nongkrong kalo lagi di Bandung. Setelah makan, kita solat magrib di masjid kampus Unpad udah gitu berniat menikmati jalan Braga di malam hari. Naik angkot sekali doang deh kalo ga salah terus jalan dikit sampe deh di Braga. Saatnya poto-poto lagiii~

Braga Night





Kita pulang sekitar jam setengah sepuluhan dan rasanya seru jalan kaki di kota Bandung pas malem-malem gitu, dimana mobil-mobil beserta lampu-lampunya menemani *woelah*






Keesokan harinya, pagi-pagi kita udah nyampe ke Stasiun, berniat sarapan di sekitar stasiun. Yippie, akhirnya aku makan nasi kuning Bandung juga ^^

Gue dan Mair abis makan nasi kuning,
niruin gaya si Nunu kalo poto yang selalu nutupin mulutnya

Sebelum pulang kita ke Alun-alun *gue bernostalgia lagi*, ngeliat The Kings, tempat maenan anak-anak yang pas masih kecil sering gue kunjungin, gue jadi heboh sendiri.


Pulang dari alun-alun, kita ke Kartika Sari di deket Stasiun Hall, beli molen buat emak bapak terus masuk ke stasiun deeeh. Saatnya pulaaang!

Ini baru namanya coklat sebaskom. Huee mauuu.
Begitulah cerita liburan gue di Bandung yang baru sempat  gue ceritakan sekarang *saking sibuknyaaa semester 6*.


Bandung memang kota masa kecil yang selalu ingin kujadikan tempat berpijak. Tiga hari kemarin di kota itu cukup buat gue melupakan apa yang seharusnya dilupakan. Tiga hari kemarin, lengkap dengan segala ingatan-ingatan masa kecil yang menguar kala melangkah... aku merasa seperti pulang.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar