Rabu, 10 November 2010

Terlalu banyak hal kecil yang kita (gue) sepelekan

Guess what?
These days I lecture began at four o'clock in the afternoon...huaaa malasnya, MySpace pengen di rumah aja. Andai UNJ itu deket dari rumah gue *mata melas bersinar-sinar kaya Nobita minta dipinjemin pensil komputer sama Doraemon* MySpace

Ehem, hari ini...... HARI PAHLAWAN!! *prokprokprok*
Di hari pahlawan ini gue jadi mikir, apa sih yang udah kita perbuat sebagai anak bangsa buat ngelanjutin perjuangan para pahlawan kita?
Ngga, ngga harus bela-belain ziarah ke TMP Kalibata atau berdeklamasi di Bunderan HI.

Kemaren gue baru aja dengerin musikalisasi puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar dan demi apapun gue merinding dengernya. Emang bener, perjuangan para pahlawan kita itu ga main-main, ga sembarangan. Gue jadi mikir, banyak dari kita (termasuk gue sendiri) yang ngelupain dengan gampang jasa-jasa para pahlawan kita *asik daaaaaah, tumben ngomongnya bener?*
Kita ini generasi penerus bangsa, kalo kita ngga bergerak, siapa lagi? Merdeka saudara-saudara! MySpace

Banyak hal kecil di dunia, di negara kita, di pulau yang kita tinggali, di kota yang udaranya kita hirup setiap hari yang luput dari perhatian kita, hal sepele yang sebenarnya penting.
Contohnya seperti ini:

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic


Liat? Anak kecil seharusnya duduk di bangku sekolah dan belajar di pagi hari, bukannya bawa kecrekan dan nyanyi di metromini atau ngelamun di tiang halte. Bukan itu yang seharusnya mereka lakukan, bukan itu tempat mereka. Mereka masih terlalu kecil buat nyari uang sendiri, dan di saat anak-anak itu susah payah ngamen atau ngemis di jalanan sambil telanjang kaki, yang seharusnya memperhatikan mereka malah sibuk pelesir ke luar negeri (u know what I mean). Gue sedih liat mereka,tapi gue juga ga bisa ngelakuin apa-apa saat ini selain ngasih mereka uang kecil malah kadang-kadang ga ngasih gara-gara ga punya duit kecil :(
Gue juga mikir, kalo gue jadi guru nanti gue pengen bikin sekolah khusus buat mereka. Mereka inilah yang nanti bakal ngelanjutin perjuangan, dan apa jadinya mereka kalau dari kecil udah harus luntang-lantung di jalan dan bukannya mendapat pendidikan yang layak?

Ini contoh yang lain:

Image and video hosting by TinyPic

Menurut gue, tukang sapu ini juga pahlawan. Pahlawan ga bertanda yang sering sekali, ga dipedulikan, gajinya juga ga seberapa tapi orang-orang berseragam oranye inilah yang berupaya bikin kota bersih dari sampah. Sampah kita. Pernah ga kita mikirin tentang bapak tukang sapu ini?

Banyak, banyak sekali yang seharusnya kita pedulikan, soal nasib anak-anak itu dan hal-hal lain lagi yang sering kita lewatkan lainnya.
Apa yang bisa kita lakuin? Simple, tekun buat raih cita-cita dan dengan cita-cita yang kita raih, kita lakukan yang terbaik untuk negara.
Buat sekarang sih, lakuin aja hal positif di kehidupan kita, hal sekecil apapun untuk niat yang baik adalah awal untuk kita menjadi pahlawan bangsa MySpace

keep spirit! MySpace


10-11-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar