Minggu, 11 Maret 2012

Aku Mau Jadi Bu Guru

Dosen Profesi Kependidikan gue bilang: “Sekarang banyak calon guru yang setengah hati, mereka mau jadi guru bukan karena keinginan dari hati mereka”

Kalo gue? Bagi gue pribadi, jadi guru itu panggilan jiwa. Ah, coba aja gue masih nyimpen kertas karangan gue waktu gue kelas 2 SD tentang keinginan gue jadi guru.

Temen-temen gue yang lain mau jadi dokter, insinyur, polisi atau polwan, and blablabla.

Paradigma guru dari dulu sampe sekarang memang begitu. Malah rata-rata siswa yang tiga besar gitu di sekolahnya ga bakalan mau jadi guru.

Kenapa gitu yah? Bagi gue jadi tenaga pendidik itu pengabdian. Guru itu profesi yang ga mudah, kenapa masih dianggap remeh? FYI, di Jepang guru itu dianggap pahlawan.

Guru itu bagian yang menentukan akan seperti apa generasi bangsa selanjutnya. Emangnya bisa ada presiden kalo ga ada guru?

Impian gue dari gue umur enam tahun, masih cengo polos los los adalah jadi guru dan ga berubah sampe sekarang.

Guru-guru favorit gue apa kabar ya.. Bu Iis, guru SD gue yang bikin gue semakin pengen jadi guru. Bu Mimin guru Bahasa Indonesia gue pas SMP yang ngerekomendasiin gue buat jadi wakil sekolah di lomba menulis antar SMP gugus kabupaten dan juga guru-guru Bahasa Indonesia gue di SMA yang semakin menambah minat gue sama literature dan pendidikan.

Pilihan gue untuk jadi guru ga dipengaruhin siapapun, murni keinginan gue dari dulu, dari kelas 2 SD. Mungkin ada temen SD gue yang masih nyimpen biodata gue? (dulu kan suka gitu tuker-tukeran biodata pake kertas file warna-warni). Lo bakalan liat di bagian “Cita-cita: ....” gue nulis: “Guru”.


Kelak gue bakalan jadi guru yang ketika berhalangan ngajar, murid-muridnya bakalan ngerasa kehilangan dan bukannya bersyukur kalo gue ga masuk -_-. Semoga impian gue jadi guru yang baik dan disenangi anak murid tercapai ya.. amiiin ^^ Gue juga mau jadi guru bahasa yang suka nulis hehe *teteup*


Menjadi seorang guru bukan hanya tentang mencari keuntungan, menjadi guru adalah tentang pengabdian


Sampai jumpa anak-anak muridku nanti... ^^

0 komentar: